Penjelasan Singkat Domain, Subdomain, Hosting dan cPanel

By | August 5, 2016
Assalamu’alaikum


Ok guys, di sini saya akan menjelaskan tentang Hosting, Domain, Subdomain, CPanel. berikut ini penjelasan singkatnya.

DOMAIN

Apa itu DOMAIN dan apa itu HOSTING serta mungkin nnt ada istilah-istilah lain yang menyertainya, misalnya Name Server, Cpanel, DNS, MX Entry, Cron Job, dll. Kita bahas pelan-pelan aja yaa sambil praktek.
DOMAIN adalah alamat website kita. Domain dipergunakan untuk mempermudah pengunjung mengingat alamat website. Karena itulah, kita perlu memiliki nama domain yang mudah diingat. Domain terdiri dari 2 bagian.
  1. Nama domain
  2. Extension
Kita ambil contoh: GOOGLE.COM
GOOGLE adalah nama domain dan
COM adalah extension.

Penamaan nama domain hanya diijinkan menggunakan huruf, angka dan garis penghubung. Pengunaan huruf kapital dan huruf kecil diabaikan. Artinya:
GOOGLE.com dan Google.Com atau gOOgLe.cOm akan tetap menuju ke halaman google.com semua.
Dan sebuah nama domain hanya bisa dimiliki oleh satu orang saja. Jika suatu domain sudah dimiliki oleh orang lain, maka kita harus menunggu hingga domain itu expired dan tidak diperpanjang kembali oleh pemiliknya. Biasanya memakan waktu 2 bulan
Extension sendiri ada banyak sekali terbagi jadi 3 bagian:
  • generic TOP LEVEL DOMAIN (gTLD)
  • USA Top Level Domain
  • Country Code Top Level Domain (ccTLD)
List lengkap extension bisa kita temukan di http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_Internet_top-level_domains
Biasanya yang banyak dipakai oleh para pebisnis online adalah: COM, NET, ORG, INFO

SUBDOMAIN

Subdomain adalah domain di bawah domain. Tapi dia berdiri sendiri. Kita bisa mengibaratkan subdomain ini seperti provinsi dalam suatu negara. Provinsi ada dalam negara tapi dia independent dan seolah terpisah.
Contoh Subdomain: MAIL.GOOGLE.COM
MAIL adalah subdomain
GOOGLE adalah domain
COM adalah extension


HOSTING

Kita sudah belajar tentang DOMAIN dan sekarang kita akan coba pelajari apa itu HOSTING. Hosting adalah tempat kita meletakkan file-file pembangun web. Jika Domain bisa diibaratkan sebagai alamat rumah, maka hosting adalah TANAH-nya.
Saat kita menyewa hosting, maka kita hanya diberi tanah kosong untuk kita bangun. Terserah mau di bangun apa. Tapi biasanya pihak hosting memberikan aturan terkait dengan pemakaian space hosting yang kita sewa.
Sebuah hosting dapat kita kelola melalui CPANEL. Biasanya beralamat di http://domainkita.com/cpanel misalnya domain kita itu mgdesain.com maka alamat cpanelnya http:/mgdesain.com/cpanel
Dari cpanel ini kita bisa melakukan apa aja terhadap hosting yang kita sewa. Kita bisa install aneka script web, atau bisa juga hanya sebagai tempat menampung file-file kita saja.


cPanel

cPanel adalah web hosting control panel yang paling populer di dunia. Fasilitas ini memudahkan pemilik account hosting untuk mengatur seluruh fasilitas web hosting yang dimilikinya. cPanel juga terdiri dari beberapa versi yang berbeda.
Melalui cPanel, Anda dapat mengelola berbagai fasilitas hosting, diantaranya :
  • Mengelola e-mail
  • Mengupload website
  • Membuat dan mengupload database
  • Melihat statistik website
  • dll


Sekiaan penjelasan singkat dari saya, Terimakasih telah berkunjung!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *