Lima Tips Menabung Untuk Membayar Sewa Apartemen

By | May 14, 2017


Membayar sewa atau cicilan apartemen, terutama jika Anda membeli atau menyewa apartemen di Jakarta, tentu saja akan menjadi suatu beban tertentu bagi Anda. Lebih lagi jika Anda baru saja meniti karir. Hal ini mengharuskan Anda untuk berhati-hati mengatur keuangan dan menyisihkan porsi besar dari gaji Anda untuk membayar tagihan tersebut. Karena jika Anda telat membayar uang sewa atau uang cicilan apartemen, akibatnya bisa sangat fatal.

Dampak negatif dari telatnya setoran sewa atau cicilan KPR apartemen tersebut dapat berupa naiknya bunga, menumpuknya jumlah nominal yang harus Anda bayar, dan kemungkinan Anda kehilangan kepemilikan apartemen Anda tersebut. Oleh karena itu, Anda harus benar-benar mengatur dan mendisiplinkan diri dalam membayar sewa apartemen maupun membayar cicilan.

Pada artikel ini, Kami merangkumkan lima buah tips yang efektif untuk mengatur keuangan dan mendisiplinkan diri dalam membayar uang sewa atau cicilan sewa apartemen Anda.

Pasang Alarm dan Sticky note Pengingat

memasang alarm bukan hanya dapat membangunkan Anda dari tidur atau mengingatkan Anda akan event-event tertentu. Anda juga dapat menggunakan alarm sebagai pengingat pada hari, jam, dan tanggal berapakah Anda harus melunasi uang sewa aparteman Anda. Dengan demikian, Anda kan selalu awas dan siap untuk membayar. Aturlah jam pengingat setidaknya 2 jam sebelum Anda melakukan pembayaran. Berjaga-jaga jika ada masalah yang membuat Anda telat, Anda dapat mengatasinya dengan lebih baik.

Sebuah sticky note berisi nominal tabungan perhari untuk membayar sewa maupun cicilan apartemen dapat Anda tempel didepan kaca rias kamar tidur Anda. Dengan demikian, Anda akan selalu siap dan ingat untuk menyisihkan beberapa rupiah dari jatah belanja harian Anda untuk menabung bayaran cicilan maupun sewa apartemen Anda.

Gunakan Transfer Otomatis (Autodebet) Untuk Melunasi Sewa/Cicilan Apartemen

Anda dapat menggunakan dan mengaktifkan fitur autodebet dari bank kepercayaan Anda untuk memotong sejumlah uang dari rekening Anda dan secara otomatis membayar uang sewa maupun uang cicilan Anda, langsung pada rekening penanggung jawab apartemen Anda.

Dengan demikian, Anda tidak perlu bersusah payah membayar sendiri tagihan Anda. Meski demikian, Anda harus tetap mengecek nominal dan kapan transaksi tersebut berhasil dilakukan. Untuk lebih amannya, Anda harus berkonsumlasi terlebih dahulu dengan pihak bank untuk mengaktifkan fitur ini. Agar kerugian dan kesalahan dikemudian hari dapat diminimalisir.

Cara ini juga bisa dimodifikasi dengan mentransfer sejumlah uang yang Anda sisihkan untuk membayar cicilan dari akun rekening utama Anda ke rekening khusus KPR atau transfer otomatis pembayaran sewa apartemen. Dengan demikian, kemungkinan gagalnya transaksi akibat saldo yang tidak cukup dapat dihindari.

Tambahkan Catatan Pengingat Pembayaran Cicilan di Kalender Anda

Selain cara-cara diatas, Anda juga dapat mengingat kapan Anda harus melakukan pembayaran tersebut dengan menandai kalender. Buatlah dengan menggunakan tulisan yang mencolok maupun ukuran besar hingga Anda dapat mengingatnya tiap kali melihat kalender.

Sediakan pula sebuah wadah uang kecil agar Anda dapat menyisihkan uang yang terselip disaku untuk menabung pembayaran sewa maupun cicilan pelunasan apartemen Anda.

Kemudian Anda dapat menambahkannya pada uang cicilan Anda hingga terasa lebih ringan. Cara ini juga dapat digunakan untuk melatih Anda agar lebih hemat dan menghargai tiap nominal uang yang Anda miliki, sekecil apapun nilainya.

Potong Langsung Dari Gaji Anda

Mintalah atasan atau pengatur keuangan tempat perusahaan Anda berkarya untuk memotong gaji Anda sejumlah nominal cicilan atau uang sewa apartemen Anda. Dengan begitu, Anda akan secara otomatis membayar cicilan atau sewa apartemen tiap kali Anda gajian. Namun, Anda harus tetap hati-hati dan dengan teliti mengecek jumlah saldo gaji dan uang cicilan yang dipotong tersebut. Dengan demikian, hal-hal yang tidak diinginkan dapat dihindari.

Kurangi Nongkrong, Perbanyak Saldo Tabungan

Beberapa aktivitas seperti wisata kuliner dan nongkrong di sebuah café mungkin sangat menyenangkan bagi Anda yang sudah seharian stress di kantor. Terutama jika Anda memiliki apartemen di Jakarta yang memiliki akses ke tempat-tempat yang menarik view maupun makanan dan minumannya.

Gaya hidup yang seperti ini harus Anda kurangi jika Anda ingin dapat membayar sewa apartemen atau cicilan pelunasan KPR dengan tanpa beban. Bayangkan saja, tiap cup kopi Starbuck yang Anda beli dapat berkisar lima puluh ribu rupiah. Jika nominal tersebut Anda tabung, misalnya seminggu empat kali, maka dalam sebulan Anda telah mengumpulkan uang cicilan tambahan sebesar satu juta rupiah!  Jumlah yang cukup signifikan untuk meringankan beban Anda dalam membayar cicilan kredit apartemen Anda.

Terutama jika Anda memiliki apartemen di Jakarta yang umumnya memiliki jumlah cicilan atau sewa yang lebih besar dibandingkan daerah lain. Demikian artikel ini. Semoga dapat membantu Anda dalam mengatur kedisiplinan dan keuangan untuk membayar sewa apartemen atau cicilan Anda dengan baik dan menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *