Mengenal Sistem Operasi Gratis Linux

By | June 9, 2017


Jika anda seorang yang mengerti computer, maka pasti sudah tidak asing lagi dengan sistem operasi gratis power full linux. Linux menjadi pilihan utama sebagai pengganti jika kita tidak bisa membeli versi pro dari sistem operasi berbayar seperti windows dan macos. Meskipun gratis, linux ini menjadi sistem operasi yang sangat disukai bagi orang yang bekerja dibidang computer terutama seorang programmer.

Linux sendiri memiliki distro-distro atau distribusi, distro ini merupakan sebutan untuk sistem operasi computer beserta aplikasinya yang merupakan keluarga unix yang menggunakan karnel linux. Banyak sekali distro yang dikembangkan dan kali ini kita mencoba mengenal beberapa macam distro linux yang ada.

1). Ubuntu

Distro linux yang pertama adalah Ubuntu. Distro ini tentunya menjadi sistem operasi gratis berbasis linux. Ubuntu merupakan salah satu distribusi sistem operasi linux berbasis atau turunan dari debian.

2). Debian

Distribusi debian merupakan sistem operasi berbasis linux yang merupakan salah satu kernel independen atau artinya sistem operasi debian ini dibuat murni tanpa berdasarkan sistem operasi yang sudah ada sebelumnya.

3). Linux Mint

Distro yang satu ini dikembangkan memang untuk sistem operasi berbasis PC. Distro ini juga memiliki inti dari distro Ubuntu, sehingga semua jenis aplikasi yang ada diubuntu juga bisa terinstal di linuxmint ini.

4). Gentoo

Sistem operasi ini merupakan distrubusi linux yang didalamnya menerapakan sistem managemen portage. Kelebihan Gentoo sendiri diantaranya adalah fleksibel, mudah diatur atau tata, dan bisa dioptimalkan oleh masing-masing pengguna sistem operasi gratis tersebut.

5). Sabayon Linux

Sebelumnya kita telah membahas mengenai Gentoo, dan kali ini kita membahas mengenai turuan dari Gentoo yaitu Sabayon linux. Distribusi ini merupakan sistem operasi yang free dan berbasis source yang dipadukan dengan metode instalasi kompilasi serta optimasi.

6). Lycoris

Salah satu Kelebihan distro yang satu ini adalah dari segi warna, icon serta kemudahan yang ada didalamnya. Karena lycoris ini merupakan distro linux yang dikembangkan dengan versi linux yang menarik dan hampir menyerupai Windows XP, sehingga ketika anda menggunakan distribusi yang satu ini, anda akan berasa menggunakan sistem operasi windows Xp.

Sebenarnya masih banyak lagi jenis distro atau distribusi linux, mungkin akan saya sambung pada artikel selanjutnya. Bagi anda yang suka sekali dengan sistem operasi gratis seperti linux ini, maka boleh mencoba satu persatu distro tersebut supaya mendapatkan pengalaman yang berbeda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *