Menu Sehat Ibu Hamil Usia Trimester Akhir

By | July 21, 2017

Tidak semua makanan bisa dikategorikan sebagai menu sehat ibu hamil. Mengapa? Sebab ibu hamil memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda dengan perempuan yang tidak dalam masa mengandung. Ada kebutuhan nutrisi yang harus dipenuhi untuk si janin. Jika saat ini anda sedang hamil dan sudah memasuki usia trimester akhir, pasti pernah terbesit di benak anda menu sehat apa yang sesuai untuk ibu hamil pada usia ini? Anda menginginkan makan makanan dengan menu sehat agar bayi yang anda lahirkan nantinya akan bertumbuh kembang dengan bagus.

Bahkan terkadang beberapa ibu hamil pada usia trimester akhir suka menghindari makanan-makanan tertentu, padahal terkadang makanan tersebut mengandung zat gizi dan nutrisi yang baik untuk ibu dan janinnya. Hal ini disebabkan karena kurangnya pengetahuan ibu hamil tentang makanan yang baik untuk ibu hamil dan janinya.

Menu Sehat Ibu Hamil

Baiklah berikut ini beberapa menu sehat ibu hamil usia trimester akhir yang bisa calon bunda konsumsi, tentunya aman dan bagus untuk janin bunda:

  • Makan makanan yang mengandung omega 3 dan kalsium

Pada kehamilan usia trimester akhir, anda harus memasukan makanan-makanan yang mengandung omega 3 dan kalsium seperti ikan-ikanan dan susu. Omega 3 ini membantu kecerdasan bayi nantinya sedangkan kalsium baik untuk kesehatan tulang dan gigi bayi nantinya, serta mencegah terjadinya osteoporosis pada ibu hamil. Sebab bila kebutuhan kalsium tidak terpenuhi saat anda hamil, janin akan mengambil dari tulang ibunya sehingga akan menyebabkan osteoporosis pada ibu pasca kehamilan. Jadi kalau semisal bunda alergi dengan bau amis susu atau ikan, cobalah bunda olah sehingga amisnya hilang.

  • Konsumsilah yoghurt

Biasanya ibu hamil usia trimester akhir mengalami konstipasi akibat sistem percernaannya mulai terganggu karena tertekan perut ibu hamil yang makin besar. Oleh karena itu untuk memperlancar BAB dan mencegah konstipasi, anda bisa mengkonsumsi yoghurt dan memperbanyak minum air serta jalan-jalan. Tidak hanya itu yoghurt juga banyak mengandung kalsium yang bagus untuk gizi ibu hamil. Kalsium juga sangat baik untuk janin, ia bisa mempercepat proses pertumbuhan janin dan menguatkanya.

  • Konsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin D dan K

Vitamin D dan K sangat baik memberikan manfaat dalam proses persalinan nantinya. Vitamin D ini memberi manfaat mengurangi rasa sakit saat proses persalinan, sedangkan vitamin K member manfaat membantu proses penyembuhan luka akibat persalinan. Konsumsilah makanan-makanan seperti ikan tuna, salmon, sayur-sayuran, brokoli, bayam yang merupakan sumber vitamin D dan K. Jenis vitamin D juga bisa bunda dapatkan dari cahaya sinar matahari, jadi jangan selalu menutup diri dari sinar matahari ya bunda. Hanya saja jangan berlebihan, defisiasi dan juga kelebihan vitamin D akibatnya tidak baik.

  • Makanan pencegah heartburn

Heartburn adalah suatu kondisi dimana ibu hamil pada usia trimester akhir mengalami rasa menyengat seperti terbakar pada bagian dada. Keadaan ini akibat adanya peningkatan produksi asam lambung. Anda dapat mencegahnya dengan mengkonsumsi buah papaya yang telah matang. Buah pepaya mengandung antioksidan yang tidak hanya baik untuk bunda yang sedang hamil, tapi juga baik untuk kulit.

  • Konsumsi susu sebelum tidur

Mengkonsumsi susu sangat baik untuk kebutuhan ibu hamil selain mengandung nutrisi dan kalsium yang tinggi yang baik untuk perkembangan janin, ternyata susu juga mampu memberikan efek rileks jika diminum saat sebelum tidur.

Nah itulah beberapa jenis menu sehat ibu hamil yang wajib dikonsumsi demi lahirnya si bayi yang sehat dan ibu yang selamat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *