Tua-Tua Masih Banyak yang Cari, Satria 120R ditawar dengan Harga Segini

By | January 4, 2018

Hasil gambar untuk Satria blibli

Nggak cuma mobil-mobil tua saja yang banyak peminatnya, ternyata hal yang sama juga terjadi pada motor, salah satunya suzuki satria 120R. Meskipun Satria 120R tidak selaju anak cucunya sekarang (sebut saja satria FU), nyatanya harga Satria 120R tak semurah motor-motor lain di jamannya. Sebut saja Honda Supra, yang keluar awal tahun 2000-an, kini harganya di pasaran tak menyentuh angka 3 juta rupiah. Bahkan Yamaha Jupiter Z yang keluar di tahun 2003 pun tak sampai 5 juta rupiah. Meskipun beda kelasnya, namun tentu harga Satria 120R yang masih dibandrol 5 juta ke atas membuat kita dapat menyimpulkan bahwa motor ini masih banyak peminatnya. Sesuai hukum ekonomi, semakin banyak permintaan semakin mahal pula harga suatu barang, semakin sedikit permintaan semakin murah pula harganya.

Suzuki Satria 120R atau yang lebih dikenal dengan suzuki lumba-lumba (diambil dari tampilan lampunya yang seperti lumba-lumba), motor ini dihargai 5-7 jutaan. Harga bervariasi tentu bergantung pada keadaan motor saat ini. Pertama kali dirilis pada 1997 di negara kita, versi yang lebih banyak dicari adalah keluaran tahun 2004-2005. Adiknya sendiri Suzuki Satria 120RU yang lahir pada tahun 2002 ditaksir dengan harga yang sama saat ini. Bayangin aja kalau dibelinya 10 tahun yang lalu, biaya perawatan yang dikeluarkan oleh sang pemilik pastinya nggak main-main. Boros oli samping dan bahan bakar adalah makanan sehari-hari bagi “pemelihara”nya. Belum lagi boros waktu, karena yang namanya motor tua harus rajin-rajin dipanasin, meskipun nggak dipakai. Biasanya motor ini sudah jarang dikendarai untuk menemani aktivitas sehari-hari, karena pasti pemiliknya sudah memiliki motor lain yang lebih bersahabat (baca: irit) untuk mondar-mandir.

Biar bagaimanapun, pada zamannya suzuki satria 120R ini menjadi favorit bahkan dalam kelas balap internasional, karena rangka dual crandle boxnya biasanya cuma dipakai motor kelas sport. Meskipun ada beberapa komponen si lumba-lumba dan hiu yang rentan jika dipakai di ajang balapan, versi kopling manual, piringan yang ada di velg casting wheelnya (depan belakang pula) entah kenapa membuat kepincut hati para jiwa yang haus akan kecepatan. Desainnya pun menyesuaikan dengan para pecintanya, versi terakhir suzuki satria 120S memiliki body yang melengkung tajam, menampilkan kesan bahwa motor ini mampu mengendalikan dan membelah angin (avatar kali ya).

Adik, anak, dan cucunya diwarisi akselerasi yang bagus sama seperti suzuki satria 120R. Sebelum hadirnya suzuki satria F yang hingga sekarang harganya masih terbilang mahal untuk ukuran motor second, diimporlah suzuki satria LSCM dari Malaysia. Saat ini LSCM jika terawat dan masih mulus bisa dihargai di atas 10 juta lho!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *